Bagaimana Cara Membersihkan Darah Kotor Jerawat?

Posted on

Bagaimana Cara Membersihkan Darah Kotor Jerawat? Ketika bangun pagi melihat satu jerawat muncul di wajah, pasti akan membuat Anda kesal, bukan? Bagaimana tidak? Satu jerawat saja bisa merusak penampilan dan make-up Anda yang sudah sempurna. Jadi, sudah barang pasti Anda akan mencari berbagai cara membersihkan darah kotor jerawat tersebut, bukan? Sebaiknya Anda berhati-hati sebelum memutuskan untuk membersihkannya agar tidak menimbulkan masalah lebih lanjut. Berikut adalah beberapa cara mengatasi jerawat yang bisa Anda terapkan di rumah.

 

Penyebab Timbulnya Jerawat Karena Darah Kotor  

 

Sebenarnya, apa sih darah kotor itu? Dalam dunia medis, darah kotor merupakan darah di dalam tubuh yang sudah tidak memiliki aliran oksigen lagi. Darah kotor ini mengalir dari jantung menuju paru-paru agar bisa mendapatkan oksigen kembali, sehingga nantinya bisa dialirkan kembali ke seluruh bagian tubuh. Jadi, bisa disimpulkan bahwa darah kotor tersebut bukanlah penyebab dari jerawat. Pada umumnya, jerawat lebih sering disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kotoran sehingga tersumbat dan menimbulkan infeksi.

Darah kotor yang sering dikaitkan dengan penyebab jerawat mungkin darah yang bercampur dengan residu atau sisa-sisa penyaringan darah yang kotor. Penyebab munculnya racun di dalam tubuh bisa diakibatkan oleh berbagai macam alasan, seperti polusi udara, asap rokok baik dari perokok aktif maupun pasif, bahkan kurangnya asupan makanan yang bergizi. Kotoran yang ada di dalam tersebutlah yang menyebabkan sumbatan di pori-pori kulit sehingga memicu munculnya jerawat. Tidak tanggung-tanggung, jerawat yang muncul biasanya lebih parah, seperti jerawat bernanah dan jerawat batu.

 

Cara Membersihkan Darah Kotor Jerawat secara Alami

Cara Membersihkan Darah Kotor Jerawat secara Alami
Cara Membersihkan Darah Kotor Jerawat secara Alami

Baca Juga:

 

Apabila Anda ingin menghindari penggunaan obat-obatan, ada beberapa cara membersihkan darah kotor pada jerawat secara alami, seperti:

  1. Meminum jamu

Jamu yang mengandung kunyit sangat baik untuk dikonsumsi. Terlebih lagi, kunyit memang mampu mengatasi darah kotor. Inilah mengapa Anda mungkin sering mendapatkan saran untuk mengonsumsi jamu kunyit asem ketika sedang menstruasi. Ya, kunyit dipercaya dapat mengatasi darah kotor haid, begitu pula dengan darah kotor penyebab jerawat.

  1. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayuran tidak hanya mengandung vitamin yang bagus untuk kulit, tapi juga antioksidan yang berfungsi mengeliminasi racun dan zat-zat pengganggu lainnya di dalam tubuh, termasuk darah kotor. Buah apel, buah beri, dan alpukat sering direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin setiap bagi untuk membantu melancarkan peredaran darah bebas dari darah kotor. Begitu pula dengan sayuran, terutama sayuran hijau, yang kaya akan vitamin, zat besi, dan serat yang keseluruhannya baik untuk metabolisme tubuh.

Baca JugaInilah Jenis Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

 

  1. Meminum teh herbal

Teh juga merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi akan membantu melawan segala zat berbahaya dari dalam maupun luar tubuh. Anda bisa memilih berbagai jenis teh untuk diseduh, seperti teh hijau, chamomile, mint, dan lain sebagainya. Minum selagi hangat secara rutin setiap harinya.

  1. Meminum perasan air lemon

Selain teh herbal, air lemon juga direkomendasikan untuk membersihkan darah kotor di tubuh. Jika perasan air lemon terlalu kecut, Anda bisa menambahkan madu atau gula ke dalamnya agar lebih enak diminum.

  1. Meminum air madu

Jika mencari obat herbal lain yang menawarkan kemampuan anti-bakteri dan anti-inflamasi, maka madu bisa dijadikan solusi. Madu memang sudah dikenal sebagai obat alami yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan secara rutin meminum air madu, maka Anda bisa memastikan aliran darah semakin lancar dan bebas darah kotor.

 

Jadi, cara membersihkan darah kotor jerawat mana yang cocok untuk Anda? Agar bisa tampil bebas jerawat dari luar, Anda perlu merawat tubuh dari dalam agar bebas dari segala racun, polusi, maupun kotoran lainnya yang memicu munculnya jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *