Cara Memperkecil Pori-Pori Wajah Bekas Jerawat Secara Alami

Posted on

Kulit berjerawat biasanya akan meninggalkan bekas tersendiri di wajah. Seperti halnya luka di kulit, jerawat biasanya juga akan membekas baik dalam bentuk noda hitam atau pori-pori wajah. Pori-pori wajah bekas jerawat sangatlah mengganggu, terutama bagi kaum wanita. Hal ini akan mengganggu pandangan wajah. Pori-pori wajah sebenarnya adalah folikel rambut pada kulit wajah yang terbuka. Folikel tersebut biasanya memiliki kelenjar minyak. Sebenarnya, pori-pori tidak membesar. Hal ini lebih dipengaruhi oleh faktor genetika dan warna kulit. Pori-pori pada orang berkulit putih cenderung tidak begitu terlihat, berbeda dengan orang berkulit gelap. Pada orang berkulit gelap, pori-pori wajahnya cenderung lebih terlihat. Adanya pori-pori yang tampak besar pada wajah, membuat orang mencari berbagai cara memperkecil pori-pori wajah bekas jerawat.

 

Mulai dari cara alami hingga perawatan tak segan-segan dilakukan untuk memperkecil pori-pori tersebut. Sebenarnya, cara yang aman untuk memperkecil pori-pori adalah melalui cara alami. Cara alami lebih aman karena tidak ada unsur kimia sintetik atau buatan. Selain itu, cara alami juga lebih murah dibandingkan dengan perawatan. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya? Kali ini kami akan mengajak Anda untuk menggali informasi mengenai cara mengecilkan pori-pori wajah akibat  bekas jerawat.

 

Cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat secara alami

Cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat secara alami
Cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat secara alami

 

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan tersebut sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C pada jeruk nipis mampu mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah, mencerahkan kulit, serta mengatasi wajah berminyak. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda cukup memeras jeruk nipis, kemudian dioleskan pada wajah dan didiamkan selama 15 menit.

  1. Jeruk lemon

Jeruk lemon kaya akan vitamin C serta asam alfa hidroksi yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan tersebut mampu menangkal radikal bebas pada tubuh. Hal ini dapat membantu proses mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan perasan jeruk lemon selama 15 menit kemudian didiamkan sebentar.

  1. Pepaya

Buah yang satu ini memang tampak menarik. Buah ini selain enak dimakan, ternyata juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Pepaya mengandung enzim papain yang mampu membatu tubuh dalam regenerasi sel-sel kulit. Kandungan vitamin A, C, serta E dalam buah pepaya mampu melembabkan kulit serta memberi nutrisi pada kulit. Vitamin tersebut juga mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah, membersihkan kotoran wajah, serta memperkecil pori-pori pada kulit wajah. Cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat menggunakan pepaya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan masker pepaya yang telah dihaluskan selama 30 menit, lalu didiamkan sejenak.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini sering menjadi buruan masyarakat untuk dibuat minuman. Selain rasanya yang unik, ternyata buah alpukat juga menyimpan khasiat bagi kesehatan tubuh. Alpukat banyak mengandung antioksidan berupa karotenoid, vitamin E, serta vitamin C. Vitamin E pada alpukat berperan dalam mencegah penuaan dini karena terpaan sinar matahari. Vitamin C berfungsi dalam membuat elastin serta kolagen pada kulit sehingga membantu menjaga kekenyalan kulit. Antioksidan dan vitamin tersebut, mampu memperkecil pori-pori wajah bekas jerawat. Banyak juga ya khasiat buah alpukat. Nah, untuk penggunaannya cukup mudah. Anda hanya perlu satu buah alpukat kemudian dihaluskan, setelah itu oleskan sebagai masker wajah.

Nah, beberapa buah-buahan di atas merupakan obat alami yang dapat Anda gunakan untuk memperkecil pori-pori wajah sehingga tidak terlalu tampak lagi. Dengan begitu, wajah akan terlihat lebih bersih dan mulus. Selain buah-buahan di atas, sebenarnya masih ada beberapa obat alami lainnya seperti pisang, lidah buaya, tomat, strawberry, kentang, mentimun, bengkuang, lobak putih, putih telur, teh hijau, yoghurt, susu, madu, es batu, cuka apel, minyak zaitun, dan air rendaman beras.

 

Banyak bukan? Semua bahan tersebut sangat mudah didapatkan di pasaran. Bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda tinggal memilih bahan apa yang ingin Anda gunakan. Sekian dulu informasi yang dapat kami sampaikan, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *