Cara Menghilangkan Jerawat Alergi

Posted on

Jerawat alergi dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang salah merespon suatu senyawa yang tidak dapat diterima oleh tubuh sehingga menimbulkan peradangan pada kulit. Ciri-ciri jerawat karena alergi biasanya penyebarannya lebih cepat ketimbang jerawat biasa, muncul pada saat keadaan tertentu, terasa gatal dan panas pada bagian yang berjerawat, ukuran lebih besar ketimbang jerawat biasa, dan lebih cepat hilang.

 

Cara Menghilangkan Jerawat Alergi karena Makanan dan Kosmetik

Cara Menghilangkan Jerawat Alergi
Cara Menghilangkan Jerawat Alergi

 

Jerawat dikarenakan oleh alergi paling banyak dipicu oleh dua hal, yakni faktor makanan dan kosmetik. Jerawat yang disebabkan oleh alergi makanan yang sering ditemukan adalah alergi terhadap protein, yang oleh tubuh dianggap suatu ancaman sehingga menimbulkan peradangan, seperti pada telur, daging ayam, kacang-kacangan, susu, dan seafood. Sedangkan, untuk jerawat alergi karena kosmetik paling banyak dialami oleh orang yang berkulit sensitif. Menurut para ahli, alergi terhadap kosmetik dapat memicu faktor-faktor utama penyebab jerawat, seperti iritasi atau infeksi bakteri, produksi minyak berlebihan, dan penyumbatan pori-pori. Jerawat karena alergi kosmetik tidak hanya berlaku bagi wanita, seringkali penggunaan pembersih wajah dan tabir surya untuk pria juga bisa memicu jerawat. Berikut cara menghilangkan jerawat alergi.

 

  1. Konsumsi makanan rendah karbohidrat, rendah lemak dan susu rendah lemak/ susu lowfat. Apabila karbohidrat tinggi, maka kadar gula dalam dalam juga akan tinggi. Maka, mengontrol kandungan karbohidrat dan lemak sangat penting agar jerawat tidak semakin banyak dan meradang.
  2. Apabila jerawat Anda dikarenakan oleh kosmetik, maka sebaiknya hentikan pemakaian.
  3. Konsultasikan dengan dokter kulit dengan langkah yang paling baik yaitu melakukan tes alergi.
  4. Konsumsilah vitamin E. Vitamin E yang dijual saat ini sudah banyak jenisnya. Ada yang berbentuk kapsul, cair, dan tablet. Tapi ingat ya, jangan berlebihan! Minumlah vitamin E sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada produk tersebut.
  5. Redakan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti, madu, mentimun, buah tomat, atau pepaya, lalu gunakan sebagai masker.
  6. Apabila jerawat karena alergi terhadap makanan tertentu, maka wajib untuk menghindari faktor pemicu.
  7. Selain makanan pemicu jerawat alergi, juga sebaiknya hindari makanan yang berkadar gula tinggi, minuman bersoda, minuman berkafein tinggi, makanan pedas, dan makanan bergaram banyak seperti camilan.
  8. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Memenuhi kebutuhan serat setiap harinya dapat mempercepat penyembuhan jerawat alergi.
  9. Konsumsi banyak air putih. Mengonsumsi air putih terutama di pagi hari setelah bangun tidur, dapat membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh.
  10. Konsumsi obat anti-alergi. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.
  11. Cuci muka saat mandi, setelah membersihkan makeup dan sebelum tidur.
  12. Ganti kosmetik dengan menyesuaikan PH kulit Anda dan perhatikan bahan-bahan kimia yang terkandung.
  13. Gunakan obat oles berupa salep/krim khusus jerawat. Saat ini sudah banyak obat oles untuk menghilangkan jerawat dipasarkan secara bebas. Namun, tetap perhatikan kandungan bahan-bahannya, efek samping, dan dosis pemakaiannya ya.
  14. Kelola stress agar hormon tetap seimbang.
  15. Istirahat yang cukup. Jam tidur setiap orang memang berbeda-beda, namun yang paling baik adalah mencukupi tidur selama 7-8 jam setiap harinya.

 

Itulah beberapa tips dan cara menghilangkan jerawat alergi. Kenali dengan segera jenis dan faktor penyebab jerawat Anda sebelum meradang lebih parah. Selain alergi karena makanan dan kosmetik, bisa juga loh disebabkan karena alergi terhadap obat-obatan yang dikonsumsi, debu, dan polusi. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan ya guys dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *