Jenis Jerawat pada Wajah Yang Umum Dan Berbahaya

Posted on

Jerawat merupakan masalah pada wajah yang mengganggu. Jerawat dapat timbul karena adanya penumpukan kotoran pada wajah baik berupa debu maupun sel-sel kulit yang mati. Minyak pada wajah juga dapat menimbulkan munculnya jerawat. Mulai dari jerawat berukuran kecil hingga jerawat yang cukup besar. Berikut ini akan diulas mengenai beberapa jenis jerawat yang muncul pada wajah.

 

Jenis Jerawat pada Wajah Yang Umum Dan Berbahaya

Jenis Jerawat pada Wajah Yang Umum Dan Berbahaya
Jenis Jerawat pada Wajah Yang Umum Dan Berbahaya

 

  1. Komedo

Komedo memiliki istilah lain yaitu blackhead maupun whitehead. Jenis jerawat yang satu ini sering sekali menghantui wajah terutama bagi kaum wanita. Komedo sering muncul pada bagian wajah yang sangat rentan. Komedo dapat muncul karena adanya sel-sel yang telah mati pada kulit wajah serta minyak pada wajah yang berlebihan.

Sel mati dan minyak pada wajah dapat menyumbat pori-pori kuliat wajah yang kemudian dapat menimbulkan bintik atau benjolan. Komedo biasanya ada yang tampak berwarna putih atau hitam. Komedo putih (whitehead) merupakan komedo yang terdapat di bawah kulit dan tertutup, sedangkan komedo hitam (blackhead) merupakan komedo yang muncul diatas permukaan kulit. Komedo hitam merupakan komedo terbuka. Warna hitam pada komedo ini disebabkan karena minyak pada kulit tersebut kontak dengan udara dan bereaksi sehingga menimbulkan warna hitam pada komedo.

  1. Jerawat batu

Jenis jerawat yang satu ini sering sekali menjadi masalah wajah yang sangat mengganggu. Jerawat ini akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri jika tersentuh. Jerawat batu biasanya tumbuh di dalam kulit dan berisi nanah atau berair. Jerawat ini dapat menyebabkan bekas pada wajah setelah jerawat tersebut hilang. Penyebab munculnya cystic acne atau jerawat batu adalah banyaknya kelenjar minyak pada wajah dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu biasanya akan tampak berwarna merah dan tampak seperti radang.

  1. Pustula

Pustula merupakan jerawat yang terbentuk dari peradangan komedo. Pustula tampak berwarna putih pada bagian ujung atas dan tapak berwarna merah pada bagian bawah jerawat. Jerawat pustula dapat menyebabkan lubang pada kulit. Pustula biasanya mengandung nanah.

  1. Papula

Jerawat ini dapat muncul karena adanya iritasi pada pori-pori kulit. Jerawat ini juga merupakan jerawat yang timbul akibat peradangan dari komedo. Jerawat ini tampak seperti benjolan yang agak besar dan biasanya disertai pula dengan warna merah pada kulit. Papula dapat meninggalkan jejak luka pada kulit setelah sembuh.

  1. Jerawat nodul

Nodul merupakan jerawat yang tumbuh di bagian bawah permukaan kulit. Jerawat ini merupakan jerawat yang muncul akibat adanya peradangan dari komedo pada kulit. Nodul akan terasa keras jika ditekan. Jerawat nodul dapat meninggalkan bekas luka pada kulit setelah hilang.

  1. Jerawat rosacea

Jerawat rosacea merupakan jerawat yang biasanya muncul pada orang berusia 30 hingga 50 tahun. Jerawat ini tampak berwarna merah seperti peradangan pada kulit.

  1. Jerawat vulgaris

Jerawat ini merupakan gangguan pada wajah yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka maupun komedo tertutup. Jerawat vulgaris akan tampak berwarna kemerahan. Jerawat ini dapat muncul akibat kelebihan kelenjar minyak, adanya perubahan secara hormonal, pengaruh kosmetik, serta adanya sel-sel kulit yang mati.

Sebenarnya, jerawat tak hanya dapat muncul pada kulit wajah saja. Jerawat juga dapat muncul pada bagian tubuh lain seperti pada punggung, dahi bagian atas, hidung, bahkan di dalam telinga. Penyebab jerawat biasanya karena sel-sel kulit yang mati serta produksi kelenjar minyak yang berlebih. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita selalu menjaga kebersihan kulit kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *