Jerawat di Hidung? Ini Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Posted on

Munculnya jerawat di wajah memang hampir selalu dihindari baik oleh wanita maupun pria. Kedatangannya yang mengganggu kenyamanan serta mengurangi keindahan wajah membuat jerawat ini sebisa mungkin dicegah. Jerawat bisa muncul di banyak bagian di tubuh, khususnya wajah. Di wajah letak jerawat bisa bervariasi seperti jerawat di dahi, pipi, dagu, bahkan jerawat di hidung. Jerawat yang muncul di bagian tertentu bisa menjadi indikator dari masalah lain yang ada di dalam tubuh.

Indikasi munculnya jerawat di hidung merupakan faktor hidung berminyak dan jarang dibersihkan. Selain itu komedo yang tumbuh di hidung juga jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan timbulnya jerawat, oleh sebab itu perlunya sedikit pengetahuan untuk membersihkan komedo dan cara menghilangkan jerawat di hidung.

 

Penyebab Jerawat di Hidung Yang Umum Terjadi 

Penyebab Jerawat di Hidung Yang Umum Terjadi 
Penyebab Jerawat di Hidung Yang Umum Terjadi

 

Jerawat di bagian hidung biasanya cukup mengganggu karena menimbulkan rasa sakit ketika hidung tersentuh. Hal ini karena kulit hidung cenderung lebih sensitif dari bagian wajah lainnya. Jerawat di bagian hidung ini juga cukup menjengkelkan karena letak hidung yang berada di tengah wajah membuat bagian ini sangat mudah terlihat oleh orang lain. Adanya jerawat di area ini dapat terlihat dengan mudah dan sulit ditutupi sehingga dapat menurunkan rasa percaya diri. Jika Anda mengalami jerawat di daerah sekitar hidung, Anda perlu tahu beberapa hal yang memicu kemunculannya, diantaranya adalah :

 

  1. Pori-pori kulit hidung tersumbat

Tersumbatnya pori-pori ini seringkali menjadi penyebab berkembangnya jerawat di bagian hidung. Bagi sebagian orang, pori-pori di bagian hidung berukuran lebih besar daripada bagian hidung lain sehingga membuat sisa kosmetik, debu ataupun kotoran rawan melekat dan menyumbatnya. Masuknya partikel debu, kotoran dan sisa kosmetik ini yang kemudian menyebabkan jerawat berkembang dan meradang.

  1. Kulit berminyak

Jenis kulit berminyak memang rawan berjerawat. Daerah T Zone pada wajah yaitu daerah dahi dan hidung merupakan daerah terbanyak menghasilkan minyak. Jika kulit Anda adalah tipe berminyak maka Anda perlu waspada dengan timbulnya jerawat.

  1. Paparan sinar matahari

Sebagai bagian yang paling menonjol dari wajah, hidung adalah bagian yang paling mudah terpapar sinar matahari setelah bagian dahi. Paparan sinar ultraviolet dari matahari ini juga bisa menyebabkan kulit memproduksi minyak dalam jumlah yang lebih besar. Banyaknya produksi minyak di wajah bisa memicu timbulnya jerawat.

  1. Mengkonsumsi makanan pemicu jerawat

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa jenis makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat diantaranya makanan yang tinggi lemak dan tingi gula. Anda perlu menghindari konsumsi gorengan, minuman manis, junkfood serta karbohidrat terlalu banyak untuk menghindari tumbuhnya jerawat

  1. Stress

Kondisi psikologis juga sangat mampu memicu munculnya jerawat di wajah. Ketika Anda sedang banyak pikiran atau tertekan jerawat sangat rentan muncul di wajah.

 

Bagaimana Mengatasi Jerawat di Bagian Hidung?

 

Jika jerawat di hidung sudah terlanjur datang, Anda harus segera mengambil tindakan yang tepat untuk meredakan jerawat serta mengobatinya. Jerawat yang tumbuh dalam ataupun rongga hidung dapat diatasi dengan :

  1. Rutin mencuci muka setelah beraktivitas atau menggunakan make up
  2. Olesi dengan salep atau gel khusus jerawat
  3. Jangan gunakan make up terlalu tebal dan menutupi lokasi wajah yang berjerawat
  4. Perbanyak minum air putih dan konsumsi buah-buahan
  5. Kompres dengan es batu
  6. Jangan dipencet
  7. Gunakan air hangat untuk menghilangkan bakteri
  8. Gunakan salep jerawat agar cepat sembuh

 

Jerawat yang muncul di wajah sebaiknya diobati dengan cara yang benar dan tidak dihilangkan dengan cara dipencet menggunakan tangan. Memencet jerawat dengan tangan yang tidak higienis justru dapat menyebabkan infeksi yang meninggalkan bekas luka. Jerawat yang ditangani dengan benar akan hilang dengan bekas yang minim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *