Manfaat Minyak Zaitun untuk Jerawat

Posted on

Manfaat Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Jerawat. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengurangi jerawat pada wajah mulai dari cara-cara kimiawi sampai dengan cara yang alami. Masing-masing cara ini bisa dipilih sesuai dengan kondisi wajah.

Cara kimiawi belum tentu cocok untuk semua jenis kulit karena ada jenis kulit sensitif yang tidak cocok dengan penggunaan bahan kimiawi tertentu. Penggunaan bahan alami cenderung lebih aman bagi kulit wajah dan lebih minim efek samping berbahaya. Salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit berjerawat adalah minyak zaitun. Khasiat minyak zaitun dalam mengobati jerawat ini sudah dibuktikan oleh banyak orang asalkan dengan pemakaian yang rutin.

 

Khasiat Minyak Zaitun untuk Jerawat

Khasiat Minyak Zaitun untuk Jerawat
Khasiat Minyak Zaitun untuk Jerawat

 

Beberapa manfaat minyak zaitun untuk mengobati jerawat di kulit wajah diantaranya:

  1. Tidak menyumbat pori-pori

Bentuknya yang berupa minyak tidak menyumbat pori-pori wajah setelah diaplikasikan ke kulit wajah secara langsung. Karakternya yang tidak menyumbat pori-pori ini membuat minyak zaitun dapat digunakan sebagai campuran pembersih wajah untuk membersihkan pori-pori dan mencegah jerawat.

  1. Mengurangi minyak berlebih di wajah

Minyak zaitun yang dioleskan rutin pada wajah bisa membantu mengurangi minyak berlebih di pori-pori wajah. Kondisi wajah berminyak merupakan salah satu penyebab seringnya muncul jerawat. Minyak pada kulit wajah yang berkurang dengan penggunaan minyak zaitun ini tentunya juga membuat jerawat enggan hinggap di wajah.

  1. Kandungan vitamin E yang tinggi

Vitamin E adalah salah satu vitamin utama yang dibutuhkan wajah. Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak zaitun dapat mengurangi jerawat dan membantu memudarkan bekas-bekasnya.

  1. Antiinflamasi

Minyak zaitun juga mengandung senyawa anti peradangan yang membantu mempercepat pengempesan jerawat membandel di wajah.

  1. Antibakteri

Kandungan antibakteri di minyak zaitun sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat pada wajah. Antibakteri ini mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut di kulit wajah sehingga jerawat cepat mereda dan bekasnya juga cepat hilang.

  1. Antioksidan

Sifat minyak zaitun sebagai antioksidan terkait juga dengan kandungan vitamin E di dalamnya. Kandungan antioksidan ini membantu menangkal berbagai radikal bebas penyebab jerawat sehingga kulit lebih sehat, segar dan awet muda.

 

Cara Penggunaan Minyak Zaitun untuk Jerawat

 

Setelah mengetahui manfaat dari minyak zaitun untuk kulit berjerawat, sebaiknya Anda juga mengetahui bagaimana cara aplikasi yang benar agar seluruh khasiatnya dapat terserap sempurna di kult wajah. Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun di wajah dengan cara:

  1. Memijat kulit dengan minyak zaitun

Cara ini sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu mengambil sedikit minyak zaitun kemudian langsung dioleskan ke wajah dan dilakuakan pemijatan secara lembut dan perlahan. Pijat wajah secara memutar selama sekitar 4 menit. Setelah selesai melakukan pemijatan, diamkan wajah kurang lebih 15 menit baru kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Menguap wajah dengan campuran air dan minyak zaitun

Cara ini cukup efektif untuk meredakan dan mengurangi bekas jerawat di kulit wajah. yaitu dengan merebus air bersih dengan dicampur terlebih dahulu dengan minyak zaitun. Letakkan wajah di di atas air pada jarak kurang lebih 18 inci selama sekitar 10 menit.

Manfaat minyak zaitun untuk jerawat yang luar biasa ini bisa Anda dapatkan dengan perawatan secara rutin. Bahan alami memang terkadang efeknya tidak secepat bahan kimia, akan tetapi bahan alami ini jauh lebih aman dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *