Penyebab Jerawat di Punggung Dan Cara Mengobatinya

Posted on

Munculnya jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor. Selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di area punggung. Penyebab jerawat di punggung pun beragam. Namun kebanyakan disebabkan oleh pori-pori kulit di area punggung yang tersumbat. Keadaan tersebut memudahkan debu atau kotoran berlebih di dalam kulit yang bisa memicu jerawat. Terlebih lagi area punggung sering terlewat saat mandi karena tidak bisa dilihat. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan jerawat muncul di area punggung.

 

Penyebab Jerawat di Punggung Dan Cara Mengobatinya

Penyebab Jerawat di Punggung
Penyebab Jerawat di Punggung Dan Cara Mengobatinya

 

Jerawat bisa muncul di kulit wajah, punggung, bahkan dada. Benjolan kecil tersebut bisa muncul karena beberapa hal berikut.

 

  1. Jerawat mechanica

Jerawat yang paling sering dijumpai di kulit punggung adalah jerawat mechanica. Jerawat yang bisa muncul karena iritasi kuit di sekitar punggung. Kulit punggung bisa mengalami iritasi karena beberapa hal, seperti gesekan dengan tali bra atau ransel. Gesekan seperti itu hampir terjadi setiap hari dan bisa membuat kulit iritasi. Kelembaban yang tidak baik akan semakin menambah buruk kondisi tersebut hingga muncul jerawat di punggung. Sebaiknya perhatikan penggunaan pakaian agar kulit tetap bisa bernapas dengan leluasa.

 

  1. Seprei

Kain untuk menutup kasur ini memang hampir digunakan oleh semua orang. Seprei dapat menjadi pemicu jerawat muncul di punggung. Kain seprei umumnya digunakan beberapa hari bahkan beberapa minggu. Apabila kondisi seprei kotor dengan banyak debu dan minyak, kemudian bersentuhan dengan kulit punggung maka bisa membuat jerawat muncul. Seprei memang sangat rentan menularkan bakteri ke tubuh, terlebih lagi jika seprei jarang dicuci. Cara terbaik untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan rutin mencuci seprei, setidaknya satu kali seminggu.

 

  1. Pakaian

Ada beberapa alasan pakaian bisa menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Pakaian yang terlalu ketat adalah faktor yang paling mudah menyebabkan jerawat. Penggunaan pakaian yang terlalu pas badan akan menekan kulit. Membuat pori-pori kulit sulit untuk bernapas dan bisa memicu iritasi pada kulit. Menghindari pakaian yang terlalu ketat bisa menjadi cara pencegahan yang paling tepat. Gunakan pakaian yang lebih longgar untuk sirkulasi udara dan pilih pakaian dengan bahan yang lembut di kulit.

 

  1. Keringat

Keringat berlebih memang tidak sehat karena rentan sekali dengan kuman dan bakteri. Penyebab jerawat di punggung paling sering adalah karena keringat yang berlebih dan dibiarkan. Setelah berolahraga atau mengeluarkan keringat, sebaiknya segera dibersihkan dengan dilap menggunakan kain yang bersih dan lembut. Apabila dibiarkan, keringat bisa membuat kulit mudah kotor. Debu akan mudah menempel dan menyumbat pori-pori kulit. Kondisi tersebut dapat memicu munculnya jerawat di kulit punggung.

 

  1. Penggunaan produk kecantikan kulit

Produk perawatan kulit merupakan salah satu produk yang paling laris. Berbagai jenis produk untuk kulit, mulai dari lotion, sunscreen, hingga message oil. Apabila produk yang Anda gunakan menyumbat pori-pori, makan akan mudah untuk jerawat muncul. Pakailah produk perawatan kulit yang sesuai dan dengan gunakan dengan cara yang benar. Misalnya saat Anda menggunakan sunscreen, sebaiknya pilih yang cepat kering agar kulit bisa mendapatkan sirkulasi udara yang bagus. Pada saat cuaca panas, sebaiknya hindari penggunaan body cream yang terlalu berat. Pilihlah produk yang lebih ringan dengan kandungan air yang lebih banyak.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab jerawat di punggung. Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari penyebab-penyebab di atas. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit punggung dengan sabun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *