Penyebab Jerawat Sering Timbul Pada Wajah

Posted on

Siapa yang belum pernah jerawatan? Hampir semua orang pasti pernah mengalami adanya masalah jerawat yang timbul pada kulit wajah. Permasalahan jerawat ini kebanyakan dialami di usia remaja, ketika masa pubertas tiba. Beberapa daerah yang akan terkena jerawat adalah bagian muka, leher, punggung, dan bahu.

Namun, jerawat lebih sering muncul di daerah wajah. Sebenarnya banyak yang masih bingung bagaimana penyebab jerawat bisa sering timbul di daerah wajah? Timbulnya jerawat ini dikarenakan adanya kelenjar-kelenjar minyak pada setiap bagian tubuh.

 

4 Penyebab Jerawat yang Sering Mengganggu

Penyebab Jerawat yang Sering Mengganggu
Penyebab Jerawat yang Sering Mengganggu

 

Jerawat merupakan masalah yang sangat mengganggu penampilan dari seseorang. Terkadang orang yang mengalami masalah jerawat sampai tidak percaya diri dengan penampilannya karena ada jerawat yang muncul di bagian wajah. Penyebab dari timbulnya jerawat setiap orang sebenarnya berbeda-beda. Ada yang susah untuk menghilangkan jerawat dan justru semakin membandel, ada pula yang dengan mudahnya menghilangkan jerawat hanya dalam waktu beberapa hari saja. Lalu, sebenarnya bagaimana penyebab munculnya jerawat secara umum? Berikut ini akan dijelaskan 4 penyebab jerawat yang sering mengganggu kulit wajah Anda.

 

  1. Pengaruh Hormon

Faktor ini adalah salah satu faktor yang sangat sering terjadi oleh setiap manusia. Di masa pubertas, biasanya hormon androgen meningkat drastis sehingga menyebabkan jerawat muncul pada banyak remaja. Hormon androgen ini merupakan hormon yang baik mengatur kelenjar minyak pada kulit sehingga tidak menyebabkan kulit kering. Namun, jika hormon ini meningkat akan menyebabkan kulit berminyak berlebihan dan menjadi timbulnya jerawat. Bagi banyak wanita, hormone ini terjadi ketika sedang masa-masa hamil, sedang mengkonsumsi pil KB, atau sedang haid yang akan menjadi timbulnya jerawat.

 

  1. Adanya Faktor Keturunan

Faktor lainnya dari timbulnya masalah jerawat yaitu karena keturunan. Faktor keturunan adalah faktor yang mempengaruhi timbulnya jerawat dengan melalui genetik. Jika orang tua Anda memiliki kulit yang berjerawat, maka bisa jadi akan mewariskan kepada anaknya nanti.

Sangat mungkin, jika anak yang sering jerawatan itu karena adanya faktor keturunan dari orang tuanya yang sama. Genetik ini juga berperan yang dapat menentukan seberapa besar pori-pori di kulit Anda sehingga mudah tersumbat dan membentuk jerawat. Gen juga berperan untuk menentukan jerawat tipe apa yang akan muncul atau yang akan dialami.

 

  1. Pemakaian Produk Perawatan yang Salah

Hati-hatilah jika Anda sedang menggunakan produk kosmetik, apalagi jika jenis kulit Anda adalah bukan jenis kulit yang normal. Maka pemakaian produk harus sangat diperhatikan. Tidak hanya produk kosmetik saja, pemakaian produk perawatan seperti sampo, gel, pomade, dan produk lainnya untuk rambut juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat di daerah wajah Anda.

 

  1. Sedang Stress

Mood juga mempengaruhi kondisi kulit Anda loh. Jika Anda sedang dalam keadaan yang stress atau banyak pikiran, maka akan timbul jerawat di sekitar wajah Anda. Ketika seseorang mengalami stress, maka kondisi tubuh akan mengalami adanya peningkatan hormone androgen atau produksi minyak pada kulit yang berlebihan dan juga lebih banyak memproduksi kortisol. Stress dan jerawat berhubungan sangat erat dan merupakan sebuah perpaduan yang dapat menyebabkan kondisi buruk. Jika stress dapat menyebabkan jerawat timbul, sebaliknya ketika jerawatan juga akan menyebabkan stress.

Nah, itulah 4 poin penting yang harus Anda ketahui tentang bagaimana timbulnya jerawat pada wajah Anda. Beberapa faktor di atas merupakan penyebab jerawat yang secara umum terjadi pada banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *