5 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Posted on

Apa Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah? Dan bagaimana cara mencegahnya? Pasti Anda merasa kesal jika satu jerawat kembali tumbuh di wajah Anda. Perasaan yang sama dirasakan banyak orang dengan permasalahan jerawat. Sudah banyak obat dan perawatan alami yang dilakukan untuk mengatasi jerawat, tetapi jerawat kerap timbul lagi dan lagi.

Mungkin, kini saatnya kita tidak hanya mengetahui bagaimana cara mengobatinya saja tetapi juga mengetahui penyebab munculnya jerawat pada wajah kita. Hal ini membuat kita tidak hanya dapat mengobati, tetapi juga dapat mencegahnya datang kembali. Jika Anda ingin mengetahui hal tersebut, Anda datang pada laman yang tepat! Di sini diulas mengenai apa saja yang menjadi penyebab timbulnya jerawat membandel di kulit kita. Adapun penyebab jerawat pada kulit wajah kita diantaranya adalah sebagai berikut.

 

5 Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah
Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

 

  1. Hormon

Penyebab munculnya jerawat pada wajah yang pertama adalah karena adanya perubahan hormon pada tubuh kita. Ini menjadi penyebab utama munculnya jerawat yang umum terjadi pada orang dewasa, terutama wanita. Ya, hormon pada wanita memang lebih sering berubah, terutama saat akan menstruasi atau saat dalam kondisi hamil. Perubahan hormon yang terjadi pada wanita ini akan memicu timbulnya jerawat. Hal ini lah yang membuat wanita kerap tumbuh jerawat saat akan menstruasi. Pada saat hamil, wanita juga dapat mengalami jerawatan. Terutama pada saat 3 bulan pertama. Pada saat tersebut terjadi perubahan hormon yang dapat menimbulkan jerawat.

  1. Pubertas

Nah, menginjak remaja, anak juga sering kali jerawatan. Hal ini adalah hal yang sangat wajar terjadi. Pada masa pubertas atau peralihan menuju dewasa, ada banyak hormon terutama hormon seksual yang berkembang secara pesat. Pada masa-masa ini, anak akan mengalami bau badan yang lebih karena kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak. Hal ini karena hormon testosteron yang meningkat. Produksi sebun yang semakin meningkat juga dapat menyumbat pori kulit, meningkatkan infeksi bakteri, dan menyebabkan jerawat.

  1. Kosmetik

Menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit kita dapat menimbulkan jerawat. Selain karena kosmetik yang tidak cocok di kulit, menggunakan kosmetik berlebihan dan tidak membersihkan kosmetik pada wajah dengan baik juga dapat menjadi faktor pemicu jerawat. Hal ini karena pori-pori kulit yang tersumbat akibat penumpukan kotoran kosmetik. Oleh karenanya, Anda harus membersihkan make up secara menyeluruh sebelum Anda pergi tidur agar wajah Anda bebas dari jerawat.

  1. benda yang dikenakan

Kita seringkali menggunakan aksesoris untuk membuat tampilan kita semakin cantik. Namun, beberapa aksesoris yang dikenakan dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat. Salah satunya jika Anda mengenakan headband atau ikat kepala sebagai aksesoris yang terlalu lama. Tekanan yang terlalu lama pada kulit wajah dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat.

  1. Stres

Ya, stres juga merupakan faktor pemicu timbulnya jerawat pada wajah. Tekanan kerja atau sekolah yang terlalu tinggi, lelah, emosi yang tidak tersalurkan, dan sebagainya dapat menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya jerawat yang membandel.

Nah, itu tadi 5 penyebab munculnya jerawat pada wajah yang biasa terjadi. Beberapa penyebab dapat kita hindari, dan beberapa penyebab lain tidak dapat kita hindari. Menjaga kebersihan wajah adalah hal utama yang harus Anda jadikan sebagai prioritas utama. Hal ini terutama karena wajah yang bersih akan mengurangi terjadinya penyumbatan pori kulit yang menjadi faktor penyebab jerawat yang paling sering terjadi. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *