Manfaat Minyak Zaitun untuk Jerawat

Posted on

Manfaat Minyak Zaitun untuk Jerawat yang sudah digunakan sejah dahulu. Jerawat membandel merupakan masalah bagi sebagian besar orang, terutama ketika muncul di bagian wajah. Memilih perawatan secara sembarangan juga sangat beresiko apabila tidak cocok dengan wajah. Nah, perawatan secara alami menjadi pilihan banyak orang. Salah satunya menggunakan minyak zaitun. Ya, bukan hanya untuk memasak, minyak zaitun ternyata juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan, termasuk jerawat. Berikut adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk jerawat dan bagaimana cara menggunakannya.

 

Manfaat Minyak Zaitun untuk Jerawat dan Kecantikan Wajah

Manfaat Minyak Zaitun untuk Jerawat dan Kecantikan Wajah
Manfaat Minyak Zaitun untuk Jerawat dan Kecantikan Wajah

 

Minyak zaitun yang berasal dari buah zaitun mengandung berbagai kandungan aktif yang ternyata baik untuk menghilangkan jerawat. Kandungan yang dimiliki oleh minyak zaitun berikut ini memberikan manfaat untuk mengatasi jerawat meliputi:

  • Kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin E yang membantu menutrisi kulit.
  • Senyawa antioksidan dalam bentuk phenolicseperti oleuropein dan squalene berfungsi melindungi kulit dari debu, polusi, dan racun yang memicu jerawat dan kerusakan oksidatif lainnya pada kulit wajah.
  • Manfaat minyak zaitun untuk masalah jerawat lainnya datang dari senyawa minyak zaitun berfungsi sebagai anti-inflamasi yang membantu mempercepat proses penyembuhan luka akibat jerawat.

 

Minyak zaitun adalah bahan yang melunakkan dalam artian berfungsi melembabkan dan menutrisi kulit. Selain itu, minyak zaitun juga bersifat non-komedogenik atau bahan yang tidak menutup pori-pori kulit sehingga sangat cocok digunakan untuk perawatan kulit berjerawat.

 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

 

Ada berbagai cara penggunaan minyak zaitun yang bisa Anda terapkan untuk perawatan jerawat secara rutin.

  1. Pemijatan

Caranya, usapkan minyak zaitun langsung ke kulit yang berjerawat secukupnya. Pijat bagian tersebut secara lembut dan perlahan selama kurang lebih 5 menit saja. Setelah selesai, diamkan kulit selama 15-20 menit agar minyak zaitun bisa meresap ke dalam pori-pori kulit. Akhiri dengan membersihkan wajah dengan kain lap atau handuk hangat.

  1. Penguapan

Caranya, campur air dengan minyak zaitun. Rebus campuran ini hingga mendidih dan mengeluarkan uap. Secara berhati-hati, posisikan wajah Anda di atas uap sekitar 18 inci dari air agar tidak menimbulkan sensasi terbakar. Lakukan selama 8-10 menit sebelum mengusap wajah dengan handuk hingga kering.

  1. Scrubbing

Proses scrubbing biasanya dilakukan dengan mencampurkan minyak zaitun dengan bahan lainnya. Contohnya, membuat bahan scrubbing dari campuran 2 sendok makan garam laut dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Aduk campuran kedua bahan ini hingga menjadi pasti lalu gunakan sebagai scrub. Gunakan ujung jari untuk menggosok bagian kulit yang berjerawat secara perlahan dengan scrub. Gosok secara melingkar selama sekitar 3-4 menit. Akhiri dengan membersihkan wajah dengan handuk basah.

  1. Perawatan

Ada berbagai cara perawatan dengan minyak zaitun yang bisa diterapkan untuk kulit berjerawat. Biasanya, mencampur dengan bahan lain akan menambah dan mempercepat khasiat yang diberikan. Pertama, Anda bisa mencampur 1 sendok teh minyak zaitun dengan 1/2 sendok teh madu. Oleskan pada bagian kulit yang berjerawat menggunakan cotton bud. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan wajah dengan air dingin. Kedua, Anda bisa menambahkan 1/2 sendok teh air perasan lemon ke dalam campuran pertama. Terapkan langkah yang sama. Pastikan bahwa Anda selalu mencuci wajah terlebih dahulu dengan sabun cuci muka sebelum melakukan perawatan.

 

Nah, sekarang Anda bisa mencoba menggunakan cara-cara di atas agar bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk jerawat. Lakukan perawatan secara rutin agar kulit yang bebas jerawat bisa lebih cepat didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *