Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Posted on

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih. Tahukah Anda bahwa selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat? Ya, bumbu dapur yang satu ini ternyata mengandung berbagai manfaat yang bisa mengatasi permasalahan dengan jerawat. Jika Anda ingin mencobanya, berikut adalah cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang bisa Anda coba dengan mudah dari rumah.

 

Manfaat Bawang Putih untuk Menghilangkan Jerawat

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih
Tips Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

 

Berdasarkan hasil berbagai penelitian, bawang putih mengandung beberapa senyawa alami yang bersifat anti-mikroba dan anti-septik yang bisa melindungi kulit dari jerawat. Sifat-sifat tersebut berfungsi menghilangkan minyak dan bakteri yang menutup pori-pori kulit sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Bawang putih juga bermanfaat untuk menghilangkan jaringan bekas luka akibat jerawat dan mengangkat sel kulit mati. Selain itu, bawang putih memang mengandung senyawa allicin yaitu suatu zat organisulfur yang dapat menghaluskan kulit berjerawat.

Seperti yang telah dikenal, bawang putih mengandung minyak atsiri. Minyak ini ternyata mampu mengangkat minyak pada kulit wajah. Biasanya, seseorang yang berjerawat dipengaruhi oleh produksi minyak berlebih pada wajah sehingga debu dan kotoran mudah menempel pada pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan kulit menjadi rentan terhadap jerawat. Nah, minyak atsiri pada bawang putih mampu mengurangi kadar minyak pada wajah yang berlebih agar tidak memicu jerawat.

 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

 

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat menggunakan bawang putih yang mudah sekali dilakukan dari rumah maupun dimana Anda berada. Langkah-langkahnya meliputi:

  1. Awali dengan mencuci wajah dengan sabun cuci muka, setidaknya rutin dilakukan setiap 2 kali sehari. Bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan tepukan yang halus.
  2. Kupas satu suing bawang putih, lalu parut hingga halus. Campurkan parutan bawang putih ini ke dalam 2 sendok makan air bersih.
  3. Oleskan cairan bawang putih tersebut ke bagian wajah yang berjerawat sembari memijat kulit secara lembut dan perlahan. Lakukan selama 3-4 menit.
  4. Segera bilas kembali wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk kering. Sebaiknya jangan terlalu lama mengaplikasikan cairan bawang putih ke wajah karena dapat menimbulkan sensasi terbakar.

 

Selain cara di atas, Anda juga bisa melakukan perawatan jerawat dengan mencampurkan bawang putih dengan bahan-bahan lainnya seperti minyak zaitun, madu, dan lidah buaya. Campuran keempat bahan ini ternyata bisa digunakan sebagai masker wajah yang cocok digunakan untuk mencegah timbulnya jerawat dan mengobati bekas jerawat. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Parut 1 siung bawang putih hingga halus, kemudian campurkan dengan 2 sendok teh air, 1 sendok teh minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu.
  2. Gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah dengan cara mengoleskannya secara merata ke bagian wajah.
  3. Diamkan masker selama 15-20 menit sebelum mengakhirinya dengan air hangat.
  4. Bawang putih biasanya sedikit menimbulkan sensasi panas atau terbakar pada kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering, bahkan meninggalkan bekas luka. Oleh karena itu, gunakanlah lendir dari lidah buaya untuk mendinginkan dan mengobati kulit Anda. Terapkan langkah-langkah ini setiap 2 atau 3 kali setiap minggunya.

 

Ternyata tidak perlu jauh-jauh membeli obat jerawat, karena di dapur pun Anda bisa mendapatkannya lewat bawang putih. Dengan menerapkan cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih di atas, maka masalah jerawat Anda bisa teratasi dengan mudah. Bagaimana, siap mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *